Translate

Saturday, October 1, 2016

[ 2016 | #47 ] : "TALON"

Books “TALON”
by Julie Kagawa
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Editor : Dyah Agustine
Proofreader : Emi Kusmiati
Desain & ilustrasi sampul : Windu Tampan
Cetakan I : Maret 2016 ; 452 hlm ; ISBN 978-979-433-931-2
Harga Normal : Rp. 87.000,-

Kota Crescent Beach, Florida merupakan kawasan yang acapkali dikunjungi turis terutama pada masa liburan musim panas, berkat pantai dengan lautnya yang memikat para penggemar ‘surfing’ hingga volley pantai. Maka kedatangan Dante dan Ember Hill, kembar berusia 16 tahun yang akan menghabiskan masa liburan panjang bersama paman dan bibinya, bukan hal yang menarik perhatian para penghuni kota tersebut. Selain penampilan fisik mereka yang lumayan ‘memikat’ kaum remaja lain, dalam waktu singkat kehadiran kakak-beradik Hill diterima dengan tangan terbuka dalam pergaulan sosialisasi kalangan remaja yang termasuk keren dan populer.


Tiada seorang pun dari teman-teman baru mereka, termasuk kakak-beradik Calvin dan Lexi serta sahabatnya Kristy yang gemar sekali menghabiskan waktu berbelanja, akan menduga bahwa Dante senantiasa ramah, supel dan berpembawaan tenang, atau Ember yang memiliki semangat serta antusias ‘super tinggi’ bukanlah ‘manusia normal’ – yang sebenarnya mereka adalah sepasang naga yang ditetaskan dan dibesarkan bersama dalam pengawasan Talon (dewan yang memimpin kaum elite Naga-Naga pilihan). Amati, Asimilasi, dan Membaur – motto sekaligus misi yang ditetapkan bagi semua Naga muda, untuk mengikuti peraturan serta proses menjalani kehidupan di kalangan manusia, sebelum mereka menjalani misi utama dari Talon.

Bagi Dante dan Ember, proses pelatihan khusus yang mereka jalani di Crescent Beach merupakan pengalaman yang berbeda, setidaknya menurut pendapat Ember. Berbeda dengan Dante yang patuh mengikuti peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Talon, Ember memiliki ‘jiwa bebas’ yang acapkali membawanya pada serangkaian masalah. Ia menikmati kehidupan baru sebagai manusia, walau jauh dalam ‘tubuhnya’ sering muncul kerinduan untuk menikmati waktu dalam wujud aslinya. Bahkan teman-teman manusianya yang baru, memberikan pengalaman-pengalam menarik yang mampu membuatnya melupakan tugas dan latihan berat yang wajib ia jalani.

Situasi yang nyaris tenang tanpa adanya bahaya atau konflik, mulai berubah saat Ember beserta Dante bertemu dengan sosok ‘naga’ lain dalam penyamaran, yang menjadi masalah besar karena naga tersebut bukan bagian dari Talon, dikenal sebagai bagian dari Naga Pemberontak, yang seharusnya ditangkap oleh pihak berwenang dari Talon. Anehnya baik Dante maupun Ember merahasiakan pertemuan tak terduag itu, dengan alasan yang berbeda. Dante belum mengungkap keberadaan Naga Pemberontak, dengan alasan melindungi Ember yang telah melalukan interaksi dengan sosok tersebut. Sedangkan Ember, well ... rasa penasaran dalam dirinya menang, dan ia tak mampu menapik daya tarik yang muncul dari Naga asing itu.

Pertemuan pertama dan tak terduga bisa dianggap sebagai kebetulan belaka. Namun pertemuan berikutnya jelas disengaja, karena Naga Pemberontak itu menemui Ember secara pribadi. Ia menyebut diri sebagai Riley – namanya sebagai manusia, mengambil sosok pria yang tak bisa dipungkiri memiliki daya tarik khusus bagi kaum wanita. Namun ia mengakui nama aslinya, Firebrand pada Ember karena tujuannya adalah mendapatkan kepercayaan gadis itu agar bersedia ‘mengikuti’ dirinya, demi keselamatan sekaligus masa depan lebih baik. Riley / Firebrand mengungkap sesuatu yang mengerikan menyangkut peran serta Talon dalam mengendalikan kaum Naga (terutama generasi muda) demi kepentingan pribadi pihak-pihak terkait.

Di saat Ember dalam kondisi bimbang, antara rasa penasaran akibat pengaruh Riley, ia bertemu dengan Garrett – pemuda yang muncul sebagai penyelamat saat Ember dan dua sahabatnya diganggu kawanan pria yang berniat buruk. Jika Riley berhasil memikat perhatian Ember lebih karena janji-jani serta potongan-potongan rahasia yang ia ungkapkan pada Ember tentang Talon, maka bersama Garrett anehnya Ember merasakan sesuatu yang berbeda. Singkat cerita, Ember nyaris tidak mampu menghapus bayangan Garrett dari benaknya. Yang tidak pernah disangka oleh Ember, bahwa Garrett telah lama mengintai dirinya, karena ia memiliki misi khusus, menemukan dan menghancurkan kaum Naga yang menyamar dan hidup bersama kaum manusia.
“Naga-naga adalah kejahatan. Mereka adalah demon. Wyrm iblis. Tujuan akhir mereka adalah perbudakan umat manusia, dan hanya kita yang berdiri di antara mereka dan para manusia yang tak tahu apa-apa.”
Kaum Naga terutama yang berada dalam naungan Talon telah mendapat peringatan untuk waspada pada anggota Orde St. George – sekte pembantai naga yang terbentuk berabad-abad lampau dan hingga kini semakin berkembang baik jumlah maupun kemampuan mereka. Dilatih dan ditempa untuk memasuki medan perang, pasukan khusus Orde St. George telah menguburkan sekian banyak anggota mereka, sekaligus para naga yang mereka musnahkan dari muka bumi. Garrett Xavier Sebastian telah menyaksikan kematian mengerikan kedua orang tuanya sekaligus saudara perempuannya di tangan Naga, dan Orde St. George memberikan kekuatan bagi dirinya untuk bangkit dari penderitaan, kemudian menjadi pemburu dan pembasmi naga terbaik.

Bersama Tristan St. Anthony yang memiliki kemampuan sebagai penembak jitu, mereka merupaka anggota pilihan yang dipastikan selalu siap berada di garis depan pertempuran – dan sejauh ini mereka meraih kemenangan. Namun misi terbaru yang harus ditempuh, tidak menuntut keberanian atau kenekadan mereka di garis depan, melainkan kesabaran serta keuletan, menyamar di kehidupan manusia normal, untuk menemukan target, naga muda yang dalam masa persiapan di kawasan Crescent Beach. Apa yang terjadi selanjutnya, saat mereka menemukan calon target yang memenuhi kriteria, Dante dan Ember Hill, situasi berkembang menjadi ‘sesuatu’ yang tak pernah dibayangkan oleh kedua belah pihak ...

Nama Julie Kagawa kukenal melalui karyanya Iroy Fey Saga, yang mampu memikat diriku melalui kemampuannya menciptakan ‘dunia imajinasi’ penuh intrik, konflik dan tentu saja hubungan romance yang penuh lika-liku berpadu dengan adegan-adegan laga nan seru serta plot yang cukup kompleks. Saat mendengar bahwa edisi terjemahan dari serial Talon, rasa ingin-tahuku muncul, karena kisah ini menyangkut karakter ‘Naga’ – sosok legenda yang selalu saja menawan hatinya. Namun karakter ‘Naga’ yang muncul dalam kisah kali ini ternyata ‘berbeda’ dari imajinasi maupun pemahamanku tentang kaum Naga. Penulis memilih versi modern dari mitos hubungan antara Naga dan Pembasmi Naga, menjadi serangkaian ide yang lumayan ‘twisted’ menurutku ...

Tentu saja daya tarik dari perbedaan antara versi ‘tradisional’ dengan versi ‘remixed’ ala Julie Kagawa, tetap mampu membuat pembaca terpaku mengikuti kisah ini. Walau jujur, buku pertama  serial Talon terasa lebih condong ke arah paranormal fantasi/romance atau lebih tepatnya tema-tema serupa yang melanda genre Young Adult Fantasy saat ini. Kemiripan kisah ini dengan buku berjudul ‘Firelight’ karya Sophie Jordan yang rilis terlebih dahulu pada tahun 2011, sedikit banyak membuatku membandingkan keduanya (dan Firelight sedikit lebih menarik daripada Talon, menurutku). Hal ini juga yang membuatku tidak mampu memberikan rating lebih tinggi, bukan karena kisahnya buruk, melainkan termasuk ‘average’ tanpa kelebihan yang menonjol untuk memuaskan keinginanku menikmati sajian fantasi yang luar biasa. It’s so many others stories out there, with similar story-line, similar themes, and quite predictable for my taste. So, it’s only 3 Star for now, hopefully the sequels got much better experience for me to enjoy it (^_^)

Judul Asli : TALON
[ book of TALON Chronicles ]
Copyright © 2014 by Julie Kagawa
Rate : 3 of 5

[ more about this author & related works, just check at here : Julie Kagawa | Julie’s Blog | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter | at Facebook ]
Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...