Pages

Monday, August 1, 2016

[ 2016 | #46 ] : "THE INFINITE SEA"

Books “LAUTAN TAK BERTEPI”
by Rick Yancey
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Editor : Barokah Ruziati
Desain sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Mei 2015 ; 400 hlm ; ISBN 978-602-03-1799-1
Harga Normal : Rp. 78.000,-

Cassie Sullivan berhasil menemukan dan menyelamatkan Sammy. Dan ia juga bertemu dengan Ben Parish – cowok yang masuk dalam daftar ‘crush-nya’ sekian lama, yang sayangnya tidak pernah memperdulikan atau bahkan mengetahui keberadaannya, hingga dunia nyaris kiamat. Namun Ben yang sekarang, berbeda dengan Ben yang pernah ia kenali. Ia bahkan menjadi pemimpin sekelompok remaja (dan anak-anak) yang melakukan pemberontakan melawan Garda Nasional – pasukan militer pemerintah yang menciduk anak-anak terpilih dari segala penjuru wilayah untuk dilatih menjadi pasukan tempur, senjata andalan untuk mendukung genosida umat manusia. Bahkan Sammy yang baru berusia 5 tahun saat dipisahkan dari keluarganya, harus menjalani pelatihan militer yang keras dan tanpa ampun.


Gelombang 5 bukan sekedar bencana alam atau wabah penyakit melainkan proyek khusus yang mengerikan, memasukan alien dalam tubuh manusia tanpa pernah diketahui hingga terlambat, atau mengirim manusia yang telah dijadikan ‘bom berjalan’ – umpan untuk masuk dalam kelompok-kelompok manusia yang bersembunyi, yang tidak akan menolak untuk mengulurkan tangan membantu sang umpan, karena mereka semua adalah anak-anak yang tak berdosa dan tidak pernah menyadari perubahan kondisi yang terjadi pada diri masing-masing. Namun perubahan besar yang sangat dirasakan oleh Cassie adalah perpisahannya dengan Evan Walker – sosok yang berhasil menyentuh hatinya, sekaligus meninggalkan dirinya dalam kondisi bingung, saat mendapati kebenaran di balik siapa sebenarnya sosok Evan.

Bahkan munculnya Evan membantu Cassie, melawan kaumnya, semakin menambah pertanyaan-pertanyaan baru di benaknya, hingga ia menyaksikan pengorbanan Evan berhadapan dengan lawan yang hendak memburu dan membinasakan Cassie beserta kawan-kawan barunya. Kini mereka dalam pelarian, bersembuyi sembari memikirkan rencana bagaimana harus bertindak mengetahui garis besar rencana invasi mengerikan terhadap Bumi beserta isinya. Namun mengetahui hal tersebut apakah cukup untuk mengatasi serangan-serangan yang akan terjadi ? Dan bagaimana mereka menyelamatkan anak-anak lain yang diperalat untuk menghabisi sisa-sisa manusia yang masih bertahan hidup di Bumi ? Dulu Cassie hanya seorang diri, kini ia memiliki beberapa teman baru, hanya saja, bisakah ia menaruh kepercayaan dan keyakinan pada diri mereka, di saat adik kandungnya lebih dekat dengan sosok Ben Parish yang baru.

Seharusnya ini merupakan kelanjutan perjalanan Cassie Sullivan, yang bergabung dengan rombongan remaja (dan anak-anak) di bawah pimpinan Ben Parish. Apalagi fakta tentang sosok Evan (yang sebenarnya sudah bisa ditebak walau masih merab-raba pada kisah sebelumnya) telah terungkap, yang juga memberikan penjelasan apa yang sedang dan akan terjadi pada Bumi beserta isinya. Jika buku pertama berakhir dengan lumayan mengecewakan, maka sayangnya buku kedua ini tidak lebih baik dari yang pertama. Situasi genting nan mencekam yang berusaha dijabarkan oleh penulis, entah mengapa justru berkesan ‘datar’ tanpa gejolak atau daya tarik khusus. Bisa ku-ilustrasikan sebagai santapan yang ‘hambar’ dalam porsi lumayan.

Secara ‘ide’ seharusnya kisah ini menarik, apa yang terjadi sepanjang proses (berusaha) menikmati kisah ini, terasa sulit untuk ber-empati pada karakter-karakter yang muncul. Seakan membaca penggalan-penggalan adegan yang (berusaha) disatukan dalam satu jalinan kisah, namun ada kesenjangan yang beberapa muncul dan cukup mengganggu proses ‘menikmati’ ini ... Untuk itu kuberikan 3 bintang sebagai apresiasi atas ide dibalik kisah, sedangkan untuk keseluruhan penilaian penyajian, cukup 2 bintang menurutku #sigh. Jadi agak ragu-ragu untuk melanjutkan perjalanan pada buku ke-3, apakah kondisi bisa lebih baik atau justru semakin terpuruk dalam situasi ala ‘zombie-war’ ??? #doublesigh

P.S. All I really want is (some) seriously crazy story about aliens attacking Earth, not some ‘chessy romance’ between human-alien-human-alien...etc. Or at least gimme WAR instead another ‘love-triangle’ melodramatic scenery (*_*) #it'ssooboring

Judul Asli : THE INFINITE SEA
[ book 2 of FIFTH WAVE Series ]
Copyright © 2014 by Rick Yancey
Rate : 3 of 5 ( it should be just 2 Star )

[ more about this author & related works, just check at here : Rick Yancey | on Goodreads | on Wikipedia | Movie Adaptation ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/