Translate

Wednesday, March 30, 2016

[ 2016 | Review #24 ] : "TIMERIDERS - THE ETERNAL WAR"

Judul Asli : THE ETERNAL WAR
[ book 4 of TIME RIDERS Series ]
Copyright © Alex Scarrow, 2011
Cover design © James Fraser
Cover photo © Neil Spence
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Desy Natalia
Editor : Grace S.
Cetakan I : Mei 2015 ; 488 hlm ; ISBN 978-602-02-6542-1
Harga Normal : Rp. 80.000,-
Rate : 4 of 5

Dalam kisah sebelumnya disebutkan munculnya ‘kotak pandora’ memberikan petunjuk baru sekaligus teka-teki yang tak mampu dipecahkan oleh tim Maddy, Liam, dan Sal beserta kedua pengawal mereka, Bob dan Becks. Namun salah satu dari ketiga ana yang terpilih, yaitu Maddy, menyimpan rahasia khusus berkaitan dengan ‘pandora’ – celakanya kunci untuk membuka rahasia tersebut ‘terkunci’ dalam penyimpanan file Becks yang diberi sandi.


Belum sempat Maddy memikirkan alternatif lain untuk mendapatkan ‘kunci’ tersebut, masalah baru muncul berupa ‘gelombang waktu’ yang sangat dahsyat. Di awali dengan perubahan kecil yang menuntun mereka pada status sosok ternama dalam sejarah dunia, terutama Amerika. Petunjuk awal mengindikasikan bahwa sosok Abraham Lincoln mulai ‘hilang’ dalam sejarah. Jika mereka tidak segera menemukan penyebab dan menanggulanginya tepat waktu, bisa dibayangkan ada perubahan besar pada dunia.

Liam dan Bob bersiap dikirim ke New Orleans pada tanggal 6 April 1831 untuk mencegah ‘terbunuhnya’ Abraham Lincoln dalam sebuah kecelakaan mengerikan. Sal yang selama ini berdiam di markas mereka, mendesak untuk ikut serta dalam misi di lapangan. Karena misi tersebut dirasa tidak membahayakan, Maddy mengijinkan Sal untuk terjun dalam misi pertama. Sesuai dengan prediksi dan perhitungan cermat, akhirnya mereka berhasil mencegah ‘kematian’ Abraham Lincoln.

Sayangnya ada sedikit ‘kesalahan’ fatal saat rombongan mereka kembali ke New York di tahun 2001, karena ternyata Abraham Lincoln mengikuti mereka secara diam-diam. Jika sejarah mengenal beliau sebagai sosok yang disegani dan dikagumi, maka Abraham Lincoln yang muncul sama sekali tidak sesuai dengan bayangan siapa pun. Ia pria yang pemarah, impulsif dan temperamental. Memiliki impian tinggi tetapi juga tak sanggup keluar dari kehidupan berat dan keras sebagai rakyat miskin.

Musibah kecil ini seharusnya bisa segera dibereskan, dengan mengirim Abraham kembali ke masanya. Sayangnya sekali lagi ia membuat ulah dengan diam-diam kabur melarikan diri di tengah keramaian kota New York di tahun 2001. Dan kemudian tragedi 9/11 pun terjadi, yang menyebabkan Abraham ditangkap oleh polisi sebagai tersangka teroris karena ‘meramalkan’ tragedi tersebut sebelum terjadi. Apakah Maddy dan kawan-kawannya bisa menyelamatkan Abraham sebelum situasi memburuk ?

Sekali lagi penulis mampu membuatku terpikat dan tenggelam dalam dunia fantasi tak terbatas. Dengan mengangkat pusat kisah pada sosok Abraham Lincoln, dan imbas yang terjadi saat ‘namanya’ tak pernah muncul atau dikenal sepanjang sejarah, yang membawa sejarah Amerika juga berubah total. Apa jadinya jika perang saudara terus berlanjut selama berabad-abad kemudian ? Tidak pernah ada bangsa Amerika yang merdeka, hanya ada perang sebagai permainan politik antara Inggris dan Prancis.

Kisah ini menjadi sangat menarik karena selain memadukan unsur sejarah masa lalu dengan era yang jauh lebih modern (terlihat dari tehnologinya), penulis memasukan unsur sci-fi fantasy dengan menghadirkan ‘makhluk-makhluk’ ciptaan, budak-budak pekerja yang berevolusi hingga mampu berpikir dan mengambil keputusan yang berbeda dengan perintah-perintah yang diberikan. Adegan-adegan perang serta konflik antar kelompok ini, mirip dengan kisah Princess of Mars karya Edgar Rice Burroughs.

Apakah tim Maddy, Liam dan Sal berhasil mengatasi misi mereka dan memulihkan ‘waktu’ yang dilanda kerusakan berat akibat adanya ‘pelanggaran’ dalam lintas waktu ? Bukan hanya kasus yang melibatkan sosok Abraham Lincoln mengetahui rahasia-rahasia melampaui masanya, tetapi juga berusaha menyingkap tabir yang menutupi pelaku dibalik perubahan besar dalam sejarah. Jika Maddy memiliki beban rahasia menyangkut nasib rekan-rekannya, kini giliran si mungil Sal yang berhadapan dengan misteri menyangkut keberadaan dirinya ...

[ more about this author and related works, just check at here : Alex Scarrow | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter | TimeRider’s Site ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...