Translate

Wednesday, March 16, 2016

[ 2016 | Review #16 ] : "THE LOST FILES : SECRET HISTORIES"

Judul Asli : THE LOST FILES : SECRET HISTORIES
Copyright © 2013 by Pittacus Lore
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Dike Trivinggar, Aulia Ikhsanti, Imam Sutarna
Editor : Esti Ayu Budihabsari
Proofreader : Emi Kusmiati
Desain sampul : Dodi Rosadi
Cetakan I : Februari 2015 ; 452 hlm ; ISBN 978-979-433-867-4
Harga Normal : Rp. 55.000,-

Ini adalah salah satu kumpulan novella yang mengungkap sisi lain dari para karakter kisah Lorien Legacies, yang semuanya terangkum dalam seri khusus ‘The Lost Files’ berjumlah 14 judul (note : jumlah ini sesuai dengan data terakhir per Maret 2016). Kisah-kisah ‘The Lost Files’ tidak wajib dibaca oleh mereka yang telah menuntaskan serial Lorien Legacies, namun bagi penggemar berat, maka kumpulan novella ini bisa sedikit banyak memuaskan keingin-tahuan tentang para Garde maupun Cȇpan mereka. Misalnya bagaimana masa lalu mereka di planet Lorien, atau bagaimana mereka terpilih sebagai Garde maupun Cȇpan, serta perjalanan panjang dalam pelarian sebelum masing-masing saling menemukan dan bersatu untuk melawan Mogadorian. Khusus dalam edisi koleksi kali ini, ada tiga novella berjudul : The Search for Sam, The Last Days of Lorien dan The Forgotten Ones, ingin tahu lebih lanjut kisahnya ... simak ‘sneak-peek’ berikut ini :


Books “SEKUTU YANG TERLUPAKAN”
THE LOST FILES : THE SEARCH FOR SAM
[ book 4 of THE LOST FILES Series ]
Rate : 3.5 of 5

Ini merupakan kelanjutan dari kisah sebelumnya ‘The Fallen Legacies’ – dimana Adamus Sutekh dikabarkan tewas dalam pertempuran, menyembunyikan kebenaran bahwa ia didorong ke dasar jurang oleh saudara angkatnya, Ivanick. Kisah dibuka dengan kesadaran yang muncul di benak Adamus, dan mendapati dirinya tidak ‘tewas’ walau seluruh tubuhnya dalam kondisi terluka parah. Ditolong oleh kelompok sukarelawan, ia menghabiskan waktu untuk memulihkan kondisi, di lokasi terpencil yang sesuai untuk persembunyiannya, dan tentu saja untuk mendapatkan ketenangan pikiran terutama usai peristiwa traumatik menyaksikan kematian Hannu serta ‘kematiannya’ sendiri.

Namun hal itu tidak berlangsung lama karena keberadaan Satu mengusik ketenangannya. Ia tahu bahwa Satu menginginkan dirinya untuk bertindak, mengambil langkah untuk menegakkan kebenaran. Saat Adamus bergulat dengan hati serta pikirannya, ketakutan sekaligus rasa ngeri yang harus ia hadapi sekali lagi jika keluar dari persembuyiannya, situasi berubah seiring pertambahan waktu, berkaitan dengan kondisi Satu – yang pada akhirnya memaksa Adamus keluar dan menunaikan misi serta tanggung jawab baru. Garde Nomer Satu bisa jadi telah tewas, namun ia ‘hidup’ kembali dalam diri Adam, karena Adamus sang Mogadorian telah tiada. Adam yang mewarisi kekuatan Garde Satu, mulai pencarian untuk menolong Garde-Garde lainnya.

Dari judulnya ‘The Search for Sam’ sudah bisa ditebak kemana tujuan Adamus, walau hal ini terjadi tanpa disengaja. Dalam usaha mencari informasi di markas rahasia Mogadorian, ia menemukan korban-korban eksperimen sebagaimana dirinya dulu. Walau para korban ini mayoritas manusia dan kaum Lorien yang ‘diperas’ otaknya, dan salah satunya adalah Malcolm Goode – manusia yang anehnya bertahan cukup lama dibandingkan tawanan lainnya. Aksi Adam yang mendobrak laboratorium rahasia, merusak fasilitas yang menyediakan sarana untuk memburu kaum Lorien, ia menyelamatkan Malcolm, dan pada akhirnya mereka berusaha menemukan Sam, yang juga ditawan saat mendobrak fasilitas untuk membebaskan Four dan bertemu dengan Sembilan (baca : The Power of Six dan The Rise of Nine).

Books “PERTEMPURAN PEMICU PEPERANGAN”
THE LOST FILES : THE LAST DAYS OF LORIEN
[ book 5 of THE LOST FILES Series ]
Rate : 4 of 5
“...sempurna itu membosankan. Aku benci bosan. Aku selalu berusaha menemukan ketidaksempurnaan. Karena di situlah, biasanya ada kesenangan. Dan menurut sebagian besar orang, terutama kedua orangtuaku – aku adalah ketidaksempurnaan terbesar. Benar-benar tidak Loric.
Sebagaimana kujelaskan dalam buku sebelumnya (baca : Nine’s Legacy), ada kisah tersendiri tentang Sandor, Cȇpan Garde Sembilan. Dimulai saat Sandor muda yang terbilang jenius, acapkali berada dalam kondisi sulit karena kerap melanggar peraturan dan hukum, terutama di saat ia merasa bosan dan jenuh. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan Sandor akhirnya berujung pada ultimatum dari pihak sekolah maupun keluarganya. Menjalani hukuman kerja sosial di kawasan Teritori Luar (yang berarti benar-benar kerja fisik yang keras dan melelahkan) atau bergabung dengan Akademi Pertahanan Lorien (APL) – institusi khusus yang melatih dan mendidik mereka yang dianggap memiliki bakat serta kemampuan tertentu, dan yang memiliki kualitas tertinggi akan terpilih sebagai Cȇpan para Garde.

Brandon – salah satu tetua sekaligus Cȇpan (yang nanti dikenal sebagai Henri, Cȇpan Four), yang melihat kemampuan Sandor melebihi usianya yang relatif muda. Ia juga yang berhasil mempengaruhi pemuda yang mudah sekali bosan untuk memiliki minat serta tujuan baru dalam hidupnya. Akademi Pertahana Lorien memberikan kesempatan bagi kaum muda-mudi berbakat terutama jenius yang menyukai tantangan seperti Sandor. Dan kisah ini pula yang memberikan gambaran lebih jelas sekilas kehidupan kaum Lorien, sebelum Mogadorian menyerang dan meluluh-lantakan planet beserta isinya. Melalui sudut pandang Sandor, keteraturan dan kebiasaan yang berlaku bukan saja membosankan tetapi juga tidak memiliki manfaat khusus. Bisa jadi sifat pemberontak ini menjadi kekuatan tersendiri saat ia memikul tanggung jawab sebagai Cȇpan di planet yang tak dikenal, bertahan hidup menghindari musuh nyaris sepanjang hidupnya.

Books “TERKUAKNYA RAHASIA MOGADORIAN”
THE LOST FILES : THE FORGOTTEN ONES
[ book 6 of THE LOST FILES Series ]
Rate : 3 of 5

Ini adalah kelanjutan dari ‘The Search for Sam’ tepat di saat Adam dan Malcolm berhasil menemukan dan menyelamatkan Sam dari tahanan Mogadorian. Tanpa mengetahui pada saat yang sama, Four dan Sembilan, serta rombongan Tujuh, Delapan dan Sepuluh turut menyerbu markas Mogadorian untuk membebaskan Enam yang ditawan, Adam berhasil mengalihkan perhatian musuh dengan ‘meledakkan’ bangunan melalui kekuatan Satu yang ia warisi. Usaha pengalih perhatian agar Malcolm dan Sam bisa melarikan diri berhasil. Sayangnya ia juga dalam kondisi yang payah usai melakukan aksi besar-besaran. Saat hendak melarikan diri, ia menemukan salah satu prajurit Mogadorian yang terluka cukup parah. Memiliki hati welas asih, Adam menolong prajurit yang kemudian dikenal sebagai Rex.

Kisah berlanjut dengan pelarian Adam bersama Rex – yang tidak menyukai fakta ia diselamatkan oleh pengkhianat Mogadorian. Namun yang paling menarik adalah perjumpaan Adam dengan  sosok Chimæra – makhluk langka legenda Lorien yang mampu berubah wujud, yang kemudian dipanggil Dust. Mengorek informasi dari Rex, Adam mendapati Mogadorian ternyata menangkap beberapa Chimæra yang diterbangkan dari Lorien sebelum pemusnahan planet, dan makhluk-makhluk ini dijadikan bahan eksperimen di Plum Island, New York. Maka misi Adam selanjutnya adalah membebaskan para Chimæra lain, berharap mereka masih mampu bertahan setelah sekian lama dalam tahanan (dan siapa tahu eksperimen jenis apa yang telah dilakukan oleh ilmuwan Mogadorian). Jika ingat bagaimana Adam datang ke Chicago bersama para Chimæra tepat setelah penyerangan Mogadorian di apartemen Sembilan ... ini awal mula kisah tersebut.

[ more about the author & related works, just check at here : Pittacus Lore | on Goodreads | on Wikipedia | James Frey | Jobie Hughes ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...