Translate

Saturday, March 12, 2016

[ 2016 | Review #10 ] : "THE MARK OF ATHENA"

Books “RAMALAN ATHENA”
Judul Asli : THE MARK OF ATHENA
[ book 3 of THE HEROES OF OLYMPUS Series ]
Copyright © 2012 by Rick Riordan
Penerbit Mizan Fantasi
Alih Bahasa : Reni Indardini
Editor : Tendy Yulianes
Proofreader : Putri Rosdiana
Layout: elcreative
Ilustrasi Isi : Sweta Kartika
Desain Sampul : Altha Rivan (AJ Bookdesign)
Cetakan I :  Oktober 2012 ; 612 hlm ; ISBN 978-979-433-740-0
Harga Normal : Rp. 79.000,-
Rate : 4 of 5

Buku kedua berakhir dengan suasana menegangkan tatkala Perkemahan Romawi kedatangan ‘tamu’ tak terduga : rombongan demigod Yunani. Dua bangsa yang saling bermusuhan, kini berhdapan dalam situasi yang cukup rumit. Dari pihak Yunani muncul Annabeth Chase, Piper McLean, Leo Valdez, Pelatih Gleeson Hedge (yang berhasil diselamatkan) dan Jason Grace yang sebenarnya berasal dari Perkemahan Romawi. Mereka harus berhadapan dengan pasukan Romawi yang sangat menaruh kecurigaan atas kunjungan tersebut, dengan perkecualian segelintir pihak yang menginginkan perdamaian dan kerjasama alih-alih pertempuran, diwakili oleh Percy Jackson (demigod Yunani yang ‘pindah’ ke Perkemahan Romawi berkat ‘campur-tangan Dewi Hera/Juno) dengan sahabat barunya Frank Zhang dan Hazel Levesque – saudara Nico di Angelo.


Membina pertemuan yang mengandalkan ketrampilan diplomasi dan berusaha keras saling menjaga ‘ketenangan’ sementara yang disepakati pada kunjungan tersebut, kedua belah pihak mencari jawaban serta jalan keluar yang paling tepat menyangkut nasib serta masa depan masing-masing. Mengingat tujuan utama adalah menjalin persekutuan untuk melawan kekuatan Dewi Gaea yang semakin mengkhawatirkan, bukan hal yang mudah untuk meyakinkan musuh sepanjang sejarah agar beralih menjadi kawan. Tepat disaat situasi mulai menunjukkan hasil bahwa jalinan kerjasama akan segera terbentuk – muncul ‘gangguan’ yang mengakibatkan perpecahan dan pertempuran dalam waktu singkat. Berkat ‘ulah’ Leo Valdez yang menghancurkan Perkemahan Romawi, bisa dipastikan Perkemahan Romawi membalas perlakuan tersebut berkali-kali lipat.

Kapal Argo II ciptaan Leo merupakan kapal perang unik, canggih sekaligus penuh kejutan. Dari kepala Naga yang diambil dari sisa tubuh Fentus (baca : The Son of Neptune) hingga beberapa fasilitas yang sengaja dibuat untuk para awaknya menempuh perjalanan panjang, semuanya menunjukkan keahlian sosok jenius Leo Valdez menangani aneka mesin. Namun hal ini juga yang menjadi sumber petaka tatkala Argo II menyerang perkemahan Romawi atas perintah Leo, yang menyebabkan proses penyatuan kedua kubu berubah menjadi permusuhan tak terelakkan. Kini rombongan tujuh orang demigod bersama pelatih Hedge harus menemukan jalan mengatasi ramalan bencana yang akan segera diwujudkan dengan bangkitnya Dewi Gaea. Musuh dari pihak sang Dewi Bumi yang mengirim antek-anteknya untuk menghalangi mereka, masih ditambah dengan perburuan pasukan Romawi yang bertekad membalas dendam demi kehormatan mereka.

Sumber masalah lain yang mengganggu rombongan ini, diawali saat Ella – harpy yang diselamatkan Percy, Frank dan Hazel, telah menyebutkan ‘ramalan’ yang diduga hilang, menyangkut misi khusus putri Athena. Annabeth – sosok yang mengetahui secara pasti bahwa ‘pesan’ tersebut diperuntukan bagi dirinya, terbelah dalam menentukan keputusan, membantu kekasih serta sahabat-sahabatnya atau memilih memenuhi panggilan tugas yang dibebankan oleh Dewi Athena. Mengingat misi untuk mengikuti Tanda Athena dikenal juga sebagai kutukan karena mereka yang terpanggil hampir dipastikan tidak pernah kembali atau menuntaskan misi tersebut. Tanda Athena juga merupakan jawaban di balik permusuhan sengit antara Yunani dan Romawi, yang bisa disimpulkan bahwa menyelesaikan misi tersebut bisa pula menjadi sarana untuk mendamaikan kedua kubu yang senantiasa bertikai.

Kelanjutan kisah 7 demigod pilihan dalam upaya menemukan cara mencegah perang besar akibat kebangkitan dewi Gaea, kali ini menyajikan adegan-adegan seru nan menegangkan. Dari awal pembuka tersulut akibat pecahnya permusuhan antara kaum Yunani dan Romawi, hingga konflik seputar hubungan Leo Valdez yang sangat mirip dengan Sammy Valdez – kekasih Hazel dalam kehidupan sebelumnya, Frank Zhang yang berusaha mengatasi ketakutan akan garis kehidupannya yang sangat pendek sekaligus mengkhawatirkan Hazel yang tampak sedikit terobsesi pada Leo. Dan tentu saja proses perjuangan yang harus dijalani oleh Annabeth seorang diri untuk menemukan Athena Parthenos – warisan dewi Athena yang hilang dan menjadi penyebab utama permusuhan antara Yunani dan Romawi.

Bukan saja sekedar kisah fantasi tentang dunia yang luar biasa, penulis memasukan banyak sekali unsur serta karakter-karakter mitos Yunani / Romawi yang harus dijumpai sepanjang perjalanan. Dari usaha mengambil ‘cermin’ Narcissus hingga bersiasat menundukkan Hercules, mengusir para ‘eidolon’ – roh gentayangan yang mampu menyusup dalam tubuh fisik makhluk hidup dan mengambil alih pikirannya, menimbulkan keributan besar saat Leo, Jason dan Percy dirasuki untuk melawan teman-temannya. Bahkan masuknya sosok Gergory Peck dan Audrey Hepburn dalam kisah Roman Holiday mampu membuatku tergelitik alih-alih tegang menantikan perjalanan Annabeth yang kelam. Apalagi saat rombongan terpecah dalam menemukan kunci melawan Gaea serta usaha menyelamatkan Nico yang ditawan oleh musuh, memiliki waktu hidup sangat terbatas sebelum ajal menjemputnya. Bagaikan menonton serial laga petualangan Indiana Jones, tak pelak buku yang satu ini dijamin membuat pembaca terpaku dari awal hingga halaman terakhir.

Tentang Penulis :
Rick Riordan, semula menjalani profesi sebagai guru Sejarah dan Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah negeri dan swasta di kota San Fransisko, Bay Area serta Texas selama 15 tahun, hingga memperoleh anugerah Master Teacher Award dari sekolah Saint Mary’s Hall pada tahun 2002. Karya fiksi dewasa yang ditulisnya, memenangkan tiga penghargaan nasional untuk kategori misteri, mulai dari Edgar Award, Anthony Award hingga Shamus Award. Rangkaian cerita pendek karyanya juga dimuat dalam majalah misteri Mary Higgins Clark dan majalah misteri Ellery Queen.

Kesuksesan karya tulisnya melalui serial Percy Jackson & The Olympians, dimulai dari buku pertama The Lightning Thief yang masuk dalam daftar New York Times Notable Book di tahun 2005, dan hak cipta adaptasi filmnya dibeli oleh Twentieth Century Foxdan telah tayang pada Februari 2010. Menyusul buku kedua ‘The Sea of Monsters’ yang juga telah diadaptasi dan rilis pada bulan Agustus 2013. Serial yang terdiri dari lima judul buku yang membuat kumpulan penggemar petualangan para ‘Demi-God’ bahkan berlanjut pada serial Hero of Olympus, yang merupakan sekuel petualangan Percy Jackson dan kawan-kawannya.

Selain serial yang mengangkat sejarah dan mitologi Yunani, beliau juga menghasilkan karya lain yang mengambil tema sejarah  serta mitologi Mesir dalam serial ‘Kane Chronicles’ yang tak kalah menariknya. Kini Rick Riordan menjalani kehidupan full-time sebagai penulis aktif yang selalu menyajikan ide-ide serta tema menarik bagi kaum remaja hingga dewasa. Beliau tinggal di kawasan San Antonio bersama istri dan kedua putranya.

[ more about the author and related works, just check at here : Rick Riordan | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter

Best Regards,

@HobbyBuku


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...