Translate

Sunday, December 27, 2015

Books "ANGELOLOGY"

Books “ANGELOLOGI : SEBUAH NOVEL”
Judul Asli : ANGELOLOGY
[ book 1 of ANGELOLOGY Series ]
Copyright © 2010 by  Danielle Trussoni
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fahmy Yamani
Editor : Bayu Anangga, Siska Yuanita                      
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : September 2014 ; 592 hlm ; ISBN 978-602-03-1218-7
Harga Normal : Rp. 102.000,-
Rate : 3 of 5

V.A. Verlaine menganggap dirinya sebagai seniman, hingga suatu saat ia menyadari lebih menyukai berkutat dengan penelitian akan sejarah seni dibandingkan melakukan praktek seni itu sendiri. Pengetahuan, pengalaman dan antusiasnya tentang topik sejarah dan pelaku seni di masa lalu, membawa pertemuan dirinya dengan Percival Grigori – sosok aneh, eksentrik dan agak menakutkan yang akhirnya menyewa jasanya untuk melakukan suatu penelitian.


Salah satu penelitian tersebut berkaitan penting dengan surat-surat antara Abigail Aldrich Rockefeller – pemimpin dan pelindung seni keluarga Rockefeller yang termahsyur di New York, dengan Bunda Innocenta – kepala Biara St. Rose, sepanjang tahun 1943-1944. Demi mendapatkan informasi dan jawaban atas misteri tersebut, pemuda Verlaine memohon ijin kepada pihak Biara St. Rose yang berkepentingan, namun permintaan itu ditolak dengan alasan bertentangan dengan kebijakan biara.

Suster Evangeline Angelina Deflorian yang bertanggung jawab atas kepengurusan perpustakaan dan arsip-arsip biara, mengikuti peraturan dengan menolak permintaan Verlaine. Namun sesuatu mengusik keingin-tahuan pribadi Evangeline yang menghabiskan separuh hidupnya dalam biara. Sesuatu yang berhubungan dengan masa lalunya, tampaknya memiliki kaitan khusus dengan surat-surat  yang diinginkan oleh pihak Verlaine.

Kisah bergulir antara kenangan masa lalu Evangeline, terutama sebelum ia di serahkan ke dalam pengasuhan Biara St. Rose oleh ayahnya di usia 12 tahun, dengan penyelidikan yang dilakukan baik oleh Evangeline secara pribadi maupun oleh Verlaine. Di sisi lain, sang klien penting, Mr. Percival Grigori, ternyata bukanlah ‘manusia biasa’ melainkan keturunan dari makhluk yang sangat tua, berasal dari awal dunia diciptakan, hingga kaumnya terkutuk dan dibuang sebagai hukuman sepanjang masa.

Mengenal mitos dan kisah-kisah tentang ‘malaikat’ (angel) sebagaimana dikenal oleh khalayak luas, makhluk suci dengan sayap putih yang merupakan pengikut Tuhan, ternyata tidak sepenuhnya benar. Bahwa keberadaan ‘malaikat’ hanyalah salah satu ‘julukan’ yang diberikan pada makhluk luar biasa yang mengalami perpecahan dan peperangan antar kaumnya, hingga sebagian memilih untuk menggabungkan diri dengan manusia demi bertahan hidup dan menambah kekuatan.

Kelompok di mana Percival Grigori berada, berlomba dengan waktu karena keberadaan mereka di dunia membuat ‘penyakit’ aneh yang menyebabkan mereka sekarat secara perlahan-lahan. Surat-surat yang dicari memberikan petunjuk dimana persembunyian ‘sesuatu’ yang mampu mengubah dunia, karena memiliki kekuatan untuk mengendalikan alam dan membuka dunia asal para ‘malaikat’ – pintu gerbang yang tertutup akibat perang dahsyat di masa lampau.

Evangeline menelusuri jejak yang diberikan oleh surat-surat dan dokumen yang tersembunyi, tanpa menyadari ia juga membuka rahasia tentang keberadaan ayah serta ibunya, alasan dibalik kematian mereka, misi rahasia yang dilakukan sekelompok manusia selama berabad-abad untuk melawan kekuasaan ‘makhluk-makhluk’ yang disebut sebagai ‘malaikat’ ini. Perjalanan panjang menembus batas waktu, mengungkap keberadaan semesta serta kehidupan dunia lain yang selama ini tersembunyi ...

Ini adalah kisah yang unik, awalnya terasa sangat kental sebagai sajian fiksi berbalut fantasi dan misteri, namun jejak dan petunjuk ilmiah serta fakta-fakta sejarah turut mewarnai kisah ini. Bagai membaca panduan khusus tentang ‘angelologi’ (yup, ternyata ada ilmu khusus yang mempelajari topik ini) sekaligus aksi petualangan yang seru nan menakjubkan. Dengan ketebalan hampir 600 halaman ditambah font huruf yang sangat mungil serta spasi yang kecil, bagaikan berusaha membaca deretan ‘semut berbaris’...
Angelologi adalah salah satu dari sekian cabang asli teologi, dikuasai oleh seseorang yang disebut ahli angelologi, yang keahliannya meliputi baik penelitian teoretis atas sistem malaikat maupun perwujudan nubuat mereka sepanjang sejarah manusia.
Selain itu adanya hambatan lain, berupa alur kisah yang berjalan ‘melompat-lompat’ dan seting waktu yang berubah-ubah dalam sekejab (bahkan dalam satu halaman bisa terjadi perpindahan kisah tanpa tanda-tanda khusus antar paragraf), cukup membuat bingung sekaligus kehilangan arah pada beberapa kesempatan. Dikisahkan melalui narasi Evangeline, yang terkadang terjadi di masa kini, atau mendadak melompat pada kilasan ingatan masa lalunya, dikombinasi dengan narasi tokoh lain, seperti Verlaine.

Dan yang membuat semakin pusing adalah masuknya adegan masa lalu, tentang tokoh-tokoh yang memiliki hubungan dengan peristiwa masa kini, yang tentunya tidak langsung diketahui atau dikenali kaitannya, hingga menjelang akhir kisah ini. Jujur, diriku ingin ‘memotong-motong’ bagian paragraf yang mendadak ‘melompat’ untuk disusun sesuai urutan dan kronologis yang bisa mempermudah proses pemahaman serta kenikmatan sebagai pembaca.

Terlepas dari proses membaca yang lambat serta kesabaran ekstra yang dibutuhkan untuk (akhirnya) menuntaskan kisah ini, diriku mendapati kisah ini cukup menarik sekaligus menantang baik dari sisi imajinasi maupun informasi baru seputar ‘angelologi’ – benarkah mitos yang selama ini diketahui dan dikenal oleh manusia (awam) merupakan rekayasa yang sengaja dirancang baik oleh ‘makhluk-malaikat’ dan kelompok manusia yang terlibat selama berabad-abad ? Mmm ... I’m so curious (^_^)

[ more about the author & related works, just check at here : Danielle Trussoni | on Goodreads | on Wikipedia | at Facebook ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...