Translate

Sunday, June 15, 2014

Books "THE ROBE OF SKULLS"

Books “JUBAH TENGKORAK”
Judul Asli : THE ROBE OF SKULLS
[ book 1 of THE TALES FROM THE FIVE KINGDOMS Series ]
by Vivian French
Text copyright © 2007 Vivian French
Illustrations © 2007 Ross Collins
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Jia Effendie
Editor : Nadia Luwis
Lay-out : Aniza Pujiati & M. Sidik Nugraha
Desain & Ilustrasi Sampul : Indra Bayu
Cetakan I : Maret 2014 ; 208 hlm ; ISBN 978-602-14402-3
Rate : 3.5 of 5

Lady Lamorna adalah penyihir yang sangat tangguh dan ditakuti karena kekuatan sihirnya, namun itu berlangsung pada jamannya, hingga tanpa terasa waktu berjalan sedemikian cepat dan kini ia merupakan perwujudan nenek tua penggerutu dan selalu menuntut budaknya Gubble melakukan aneka pekerjaan yang sulit dan acapkali tidak masuk akal. Biasanya, ia cukup senang berdiam diri di kediamannnya selama bertahun-tahun. Kemudian mendadak Lady Lamorna menginginkan jubah baru yang sangat keren, penuh dengan hiasan tengkorak-tengkorak kecil menyelubungi jubah tersebut. Sayangnya Lady Lamorna baru menyadari bahwa pemesanan jubah yang cukup mahal itu tidak sesuai dengan isi kotak hartanya ... yang ternyata kosong melompong.



Demi mendapatkan keinginannya, serta terselamatkan dari rasa malu saat tagihan muncul, maka Lady Lamorna mendapatkan ide brilian guna memenuhi kotak hartanya. Ia akan menculik para pangeran dan putri dari beberapa kerajaan, dan meminta tebusan sebesar-besarnya. Rencana itu sangat mudah dalam benak pikiran sang penyihir, celakanya ia tak memperhitungkan munculnya aneka masalah sepanjang perjalanan misi penculikan yang akan segera dilaksanakan. Dimulai dengan pelarian gadis bernama Gracie Gillypot, yang tak tahan akan siksaan ayah tiri dan saudara tirinya, Mange dan Foyce Undershaft. Berkat bantuan seekor kelelawar yang pandai berbicara, Gracie akhirnya berhasil keluar dari kurungan. Namun pelarian itu tidak berjalan sukses karena Foyce ternyata mampu melacak dirinya.

Dan keduanya berpapasan dengan Lady Lamorna beserta pelayan setianya Gubble yang malang. Perjalanan saling mengejar, berburu dan bersembunyi, semuanya mengarah pada nasib dua kakak beradik, Pangeran Marcus dan Pangeran Arioso, si kembar yang nyaris tidak memiliki kesamaan sifat maupun karakter. Sebagai calon pewaris takhta Gorebreath, Arioso merupakan pilihan tepat karena sikapnya yang tenang dan serba santun, berbeda dengan Marcus yang lebih menyukai petualangan dan perjalanan menjelajahi wilayah-wilayah asing. Jika Arioso menyukai pembelajaran tentang tata krama serta aturan Kerajaan, maka Marcus berusaha dengan akal muslihat untuk menghindarinya.

Tepat saat sebuah perjamuan resmi antar kerajaan akan berlangsung, Marcus menemukan ‘cara’ untuk tidak ikut serta dalam acara yang dijamin sangat membosankan. Celakanya, justru di pesta perjamuan akbar itu, Lady Lamorna bersama Foyce Undershaft, yang tanpa sengaja menemukan ‘rahasia’ sang penyihir saat mengejar Gracie, akan menculik para pangeran dan putri, dengan merubah mereka menjadi katak. Kelelawar yang membantu Gracie ternyata merupakan utusan para wanita Tetua yang mengetahui segala sesuatu menyangkut kehidupan dan kematian makhluk hidup di dunia. Dan kini Gracie bersama dengan Pangeran Marcus, memiliki misi untuk menyelamatkan korban penculikan Lady Lamorna dan menyingkirkan Foyce Undershaft yang merupakan keturunan werewolf.

Kisah ini cukup menarik, dengan gaya penuturan serta aneka dialog yang mengundang rasa geli. Meski terasa sekali bahwa ini adalah jenis bacaan untuk remaja (atau anak-anak), namun penulis tidak terjebak dalam kisah yang penuh dengan petuah-petuah atau anjuran yang berkesan ‘menggurui’ ... bahkan sebagai pembaca ‘dewasa’, diriku cukup terhibur akan kesegaran kisah yang sederhana sekaligus memanjakan penikmat fantasi akan karakter-karakter yang menarik. Sebagai buku pertama dari serial ‘Tales of Five Kingdom’ – dugaanku akan bahwa kelanjutan kisah ini akan berkaitan dengan karakter-karakter lain dari kerajaan-kerajaan lain, mengundang sedikit rasa penasaran apakah edisi terjemahannya akan segera muncul, atau mengikuti alur ‘hanya menerbitkan buku pertama’ sebagaimana terjemahan fantasi lainnya ... just wait & see !!

[ more about this author & related works, just check at here : Vivian French | Vivian’s Books | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
40th Book in Finding New Author Challenge
107th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...