Translate

Wednesday, December 12, 2012

2013 TBRR PILE - A Fantasy Reading Challenge [ Master Post ]

A Fantasy Reading Challenge on 2013 TBRR PILE


Perkenalanku dengan novel fantasi dimulai dari membaca Harry Potter. Sebelum mengenal Harry, Hermoine, Ron, dan Hedwig, bacaan fantasi kuanggap sebagai bacaan anak-anak (note : anak kecil), maka sungguh di luar dugaanku, ada kisah fantasi yang bukan hanya menarik, tapi juga sekaligus merupakan bacaan dewasa yang mesti dibaca berulang-ulang tak pernah ada kebosanan. Pada waktu itu, hal ini hanya kujumpai pada sejenis novel karya Agatha Christie.


Singkat cerita, genre fantasi telah kutelusuri dan ternyata sangat luas serta menyajikan keaneka-ragaman kisah serta petualangan yang menantang minat baca, sekaligus minat belanja yang tak pernah habis (^_^) – pada tahun 2012 diriku telah berkenalan dengan beberapa program Reading Challenge yang ternyata sangat bermanfaat untuk ‘sedikit; mengurangi ketinggian timbunan-ku selama bertahun-tahun. Karena itu untuk menyambut tahun 2013, kubuat sebuah Reading Challenge dan mengajak para pecinta kisah fantasi untuk turut serta bergabung dan ramai-ramai membaca – jika ada temannya jauh lebih mengasyikkan lho.


Program Reading Challenge ini merupakan join dua blog-ku My Fantasy Dreamland dan Alice’s Wonderland (keduanya khusus bacaan fantasi, satu untuk serial, satu untuk non-serial). Sebagai host event ini Hobby Buku bekerja sama dengan Ally yang juga penggila kisah fantasi, dan kali ini ia juga memperkenalkan blog barunya yang akan khusus membahas bacaan fantasi ... Yayy !!! Dan untuk memberikan dorongan semangat teman-teman yang hendak bergabung, kami juga menyediakan hadiah menarik bagi mereka-mereka yang  akan berhasil mencapai targetnya. Mau tahu caranya, simak petunjuk di bawah ini :


The Goal : Membaca dan membuat review bacaan fantasi minimal 12 buku selama setahun penuh ; jadi hanya perlu membaca minimal 1 buku / bulan, mudah kan ? 


Syarat : buku-buku yang masuk dalam daftar bacaan harus merupakan terbitan 2012 atau tahun sebelumnya, tidak boleh terbitan tahun 2013. Untuk spesifikasi genre bebas asalkan tetap masuk dalam kategori garis besar Fantasi Fiction

Peserta : event ini khusus untuk para peserta yang berdomisili di Indonesia, dan harus memiliki blog ( tidak harus blog khusus buku ), jika tidak memiliki blog minimal bisa melakukan posting rutin via note FB atau akun Goodreads, karena peserta wajib menuliskan review dan mengirimkan link postingannya.


Prosedur :

  • Silahkan Follow Maria dan Ally via GFC  / email / NetworkedBlogs untuk memudahkan update data.
  • Daftarkan diri Anda dengan format : Nama @ link-blog-Anda ; pada kolom komentar postingan ini . ( pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 25 Januari 2013 ; jika Anda mendaftar setelah tanggal tersebut masih bisa mengikuti challenge-nya tetapi tidak bisa diikutkan dalam undian Hadiah )
  • Buat daftar bacaan Anda untuk tahun 2013 seperti pada contoh berikut ( daftar bisa dirubah sesuai kondisi ) kemudian postingkan di blog masing-masing, kemudian kirim link postingan tersebut pada Form Data Peserta ( lengkapi pula data-data yang diminta ). Daftar tersebut  yang akan Anda update selama 1 tahun penuh, dan pada akhir tahun 2013, akan dibuka linky bagi peserta yang telah memenuhi target pribadi masing-masing.
  • Jangan lupa pasang button 2013 TBBR PILE a Reading Challenge di blog Anda, dan masukan link ke postingan utama ini, sehingga pengunjung blog Anda juga dapat memperoleh info tentang Reading Challenge ini. 

The Main Prize : Akan dipilih 1 (satu) Pemenang yang berhak memilih buku pilihan senilai IDR 70K, dengan catatan telah menyelesaikan target minimal 12 buku / lebih dalam setahun. Jika peserta yang lolos lebih dari satu orang, maka Pemenang akan diundi via random.org.

Sponsor Prize : 
  1. Tersedia 1 (satu) buku Garuda 5 + T-Shirt Garuda 5 dari sang penulis FA Purawan. Syarat : peserta yang lolos Tantangan Utama ( The Goal ) cukup menjawab pertanyaan yang akan diberikan selama event di blog ini ( note : pertanyaan akan berkaitan dengan buku Garuda 5 dan petunjuknya akan tersedia lewat postingan di blog ini ) 
  2. Tersedia 2 (dua) buku "Masa Elir" dan "Red Fang" dari Vandaria Saga & Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Syarat : peserta yang lolos Tantangan Utama ( The Goal )  dan salah satu dari 12 buku yang di-review ada minimal 1 buku seri Vandaria Saga (judul bebas)


Additional Prize : Akan dipilih 2 (dua) Pemenang yang berhak memilih buku pilihan masing-masing senilai IDR 50, dengan catatan sudah menuntaskan Tantangan Utama ( The Goal ) yang dilengkapi Additional Challenge , yaitu memenuhi syarat tema khusus yang kami berikan, setiap tema hanya boleh untuk 1 judul buku, total ada 5 buah tema, jadi ada 5 buah judul buku yang harus dipenuhi agar bisa ikut serta dalam undian ini. [ note : peserta yang sudah memenangkan Hadiah Tantangan Utama, tetap akan diikut-sertakan dalam undian ini jika memenuhi syarat yang berlaku ]


Additional Challenge :

  1. Indo Fantasy ( pilih minimal 1 buku fantasi karya penulis Indonesia )
  2. Award Winner ( pilih minimal 1 buku fantasi yang telah memenangkan penghargaan khusus, jenis penghargaan silahkan ditentukan sendiri, asalkan dalam postingan disertakan keterangan / rujukan tentang penghargaan yang telah dimenangkan, contohnya seperti di SINI )
  3. Mythology ( pilih minimal 1 buku fantasi yang berkisah / berlatar belakang seputar mitologi, boleh mitologi Yunani, Mesir, Persia, Anglo-Saxon, dll )
  4. Movies Adaptation ( pilih minimal 1 buku fantasi yang telah diadaptasi ke layar lebar, sertakan pula opini Anda tentang adaptasi film tersebut )
  5. High Fantasy ( pilih minimal 1 buku fantasi yang masuk dalam kategori ini, selengkapnya silahkan cek di SINI )
Catatan : untuk buku-buku yang dimasukan dalam daftar ini tidak boleh ada yang sama, jadi untuk memenuhi persyaratan pemenuhan 5 tema, ada 5 judul buku yang berbeda.  

~ Special Note ~
  • Bagi peserta non-blogger, kalian tetap bisa mengikuti program ini melalui akun FaceBook dan Goodreads. Caranya sebagai berikut :
  • Buat postingan via Note FB Anda tentang event ini / masukan link postingan event ini (jangan lupa pasang button-nya ya)
  • Dalam postingan tersebut, tulis daftar bacaan Anda selama 2013 (daftar boleh dirubah sewaktu-waktu). Setelah Anda selesai membaca + membuat reviewnya, masukan link postingan tersebut ke dalam daftar yang telah Anda buat di Note FB. ( contoh postingan List Bacaan )
  • Jika Anda memiliki akun Goodreads, bisa membuat shelf khusus untuk event ini, dan buat juga postingan seluruh daftar bacaan selama 2013 serta link ke postingan utama ini.Setelah Anda selesai membuat review di Goodreads, masukan link postingan pada daftar yang telah disusun tersebut. 
  • Daftar bacaan selama setahun yang telah diposting, silahkan dikirim link post-nya ke kolom komentar untuk pendaftaran di bawah ini.

Jika masih ada pertanyaan seputar event ini, silahkan kontak via e-mail : hobbybuku(at)gmail(dot)com / mention via twitter @HobbyBuku.

Guidance on Additional Challenge : 
List Fantasy Authors [ source : on Wikipedia
List Fantasy Novels [ source : on Wikipedia ]
List High Fantasy Fiction [ source : on Wikipedia ] 
List Fantasy Literature Award [ source : on Wikipedia ] 

Best Regards, 
* Hobby Buku *
  

45 comments:

  1. Inge @ Bacaan Inge : http://bacaaninge.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Dessy @ NgidamBuku http://ngidambuku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Bzee @ Bacaan B.Zee (http://bacaanbzee.wordpress.com/)

    ReplyDelete
  4. Peni @ Ketimbun Buku (http://mata-p3n1.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  5. Nana @ Reading in the Morning (http://readinginthemorning.blogspot.com)

    ReplyDelete
  6. Ira @ Ini Bacaan Saya
    (http://irasbooks.blogspot.com)

    ReplyDelete
  7. Melody Violine @ Lamunyata (http://el-ovio.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  8. Dani @Melihat Kembali http://sekotakceritaseusaibaca.wordpress.com/

    ReplyDelete
  9. Tezar @membacabuku http://kumembaca.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Sulung Siti Hanum @bersuadengankata -- http://bersuadengankata.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. irabooklover @ http://irabooklover.wordpress.com/

    ReplyDelete
  12. Peni Astiti @ Ketimbun Buku http://mata-p3n1.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Lin-lin @Let Me Tell You a Story (http://lady-storytelling.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  14. Peri Hutan @ KutuBokek (http://kutubokek.posterous.com/)

    ReplyDelete
  15. Ika @ Ika's Bookshelves (http://ladylove01.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  16. Linda @ Reading with Archuleta (http://lindation.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  17. Biondy @ A Life (http://kireinasekai.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  18. Andry Chang @ Fantasy Worlds Indonesia (http://fantasindo.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  19. F.J. Ismarianto @ Story Eater Tales : http://stew.blogdetik.com/

    ReplyDelete
  20. Nisa @ Markica~Mari Kita Membaca (http://letsread123.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  21. Sabrina @ Notes of The Dreamer (http://sabrinazheng.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  22. Dion @Baca Biar Beken (http://dionyulianto.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  23. phie @Harlequin Romance Reviews (www.resensiharlequin.com)

    ReplyDelete
  24. Yuliana @ The Little Presents [http://yulianapermatasari.blogspot.com]

    ReplyDelete
  25. Nindy @ Bookspot http://bookspot19.blogspot.com/

    ReplyDelete
  26. Apsari @ catatanaingeal http://catatanaingeal.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Ren @ Ren's Little Corner (http://renslittlecorner.blogspot.com/)

    ReplyDelete
  28. Vaan @ Kandang Baca http://kandangbaca.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. Fairynee @http://rakbukufairy.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. thifa @ dunia fantasi thifa

    http://duniakecilthifa.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang "review nya thifa" blog nya ngilang dengan sendirinya,jadi blog nya aku ganti jadi "dunia fantasi thifa". maaf ya kak kalo nyusahin.

      Delete
  32. ikutaaan >_< *semoga belum teelaat daftar

    http://orybooks.blogspot.com/

    ReplyDelete
  33. Ikuuut.

    vaan @ Kandang Baca http://kandangbaca.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. asdewi @Through Tinted Glass

    http://4urfun.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Bayu @Nomaden Edogawa

    http://nomadenedogawa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Bayu : entry di Mr. Linky kuhapus ya, itu utk update reviews bukan sign-up, utk list pendaftaran sdh ku-update di bagian List Participants.

      Delete
  36. Ouh oke gak papa berarti aku yg salah hehe maksih sudah di approve registrasinya.

    ReplyDelete
  37. astrid @ astrid says and reads
    http://yullinta.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. Nanie @ Perpus Mini Nanie
    http://perpus.nanie.me/

    ReplyDelete
  39. ikutan deh, meski telat :D

    Sinta @Jendelaku Menatap Dunia
    http://jendelakumenatapdunia.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. Walau terlambat, nggak apa lha. Yang penting ikutan :D

    Aisyah I Maulidina @ Blue Iris in September
    http://blue-soojae.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. [Wrap Up Post] A Fantasy Reading Challenge on 2013 TBRR PILE
    http://luckty.wordpress.com/2013/12/25/wrap-up-post-a-fantasy-reading-challenge-on-2013-tbrr-pile/

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...