Translate

Thursday, May 31, 2012

Books : "THE AKHENATEN ADVENTURE"


Judul Asli : THE AKHENATEN ADVENTURE  
( book 1 of Children of The Lamp )
Copyright © 2004 by P.B. Kerr
Penerbit Matahati
Alih Bahasa : Utti Setiawati
Editor : Akmal N.Basral & Fahmi
Cover by Rashad Husain
Cetakan ke-1 : Maret 2008 , 416 hlm


“ Dalam kehidupan alam semesta terdapat tiga jenis makhluk yang memiliki kecerdasan tinggi, yaitu manusia yang berasal dari tanah-makhluk terlemah dari ketiganya ; malaikat yang terbuat dari cahaya dan hidup tersendiri ; serta yang tertinggi dan terkuat adalah Jin – makhluk yang terbuat dari api dan penjaga semua keberuntungan yang terjadi di alam semesta. Jin mampu hidup beratus-ratus tahun lamanya dan mengabulkan Tiga Permintaan kepada manusia, terutama yang telah membebaskan Jin yang terkurung dalam botol."

Namun kisah ini bukan tentang sembarang Jin, tetapi petualangan yang dialami oleh dua bersaudara bernama John dan Philippa yang ternyata merupakan Jin-Jin muda suku Marid yang harus menjalani pelatihan untuk mengasah kemampuan Jin mereka melawan kekuatan jahat Mesir Kuno serta bangsa Jin Jahat yang ingin membuat keberuntungan hilang dari kehidupan manusia. Bangsa Jin yang terpecah menjadi dua antara suku Marid, Jinn dan Jann yang memihak kebaikkan dan suku Ifrit, Syaitan dan Ghul yang memihak kejahatan. 

Contoh kejahatan oleh Jin Ifrit yang pemarah seperti bencana kebakaran besar di San Fransisko thn. 1906 akibat gempa atau pada thn. 1883 dengan meletusnya Gunung Krakatau di Indonesia yang menewaskan sedikitnya 36.000 orang. Jika ingin lebih tahu tentang kisah Jin sebenarnya, inilah buku pedoman yang paling tepat, terutama bagi para Jin muda. 

Misalnya bagaimana cara membuat kata Fokus untuk mengabulkan permintaan atau mewujudkan sesuatu yang sebelumnya tak ada dari udara kosong (setidaknya itu yang terlihat oleh mata manusia). Jadi jika sewaktu-waktu membutuhkan mobil, bisa saja kendaraan yang diinginkan tiba-tiba muncul atau membuat makanan untuk piknik tersedia dalam sekejap mata di Kutub Utara. Jika ingin bersembunyi bisa saja mengubah diri menjadi hewan atau menyusup masuk dalam tubuh manusia lain bahkan menghilang kedalam botol Coke. 

Dan keasyikkan tidak senantiasa dialami oleh John dan Philippa, apalagi saat harus berhadapan dengan Iblis – Jin Jahat dari suku Ifrit. Apalagi saat Akhenaten - Firaun Penguasa Mesir yang telah wafat ribuan tahun lalu, dengan kekuatan mengendalikan 70 Jin muncul secara tak terduga siap menghabisi siapa pun yang menghalanginya. Maka bersiaplah & segera asah kekuatan bersama John dan Philippa … karena nasib manusia berada pada keberhasilan mereka melawan musuh-musuh yang sangat berat. ”
Sinopsis Cerita :
Keluarga Edward Gaunt terlihat normal seperti layaknya keluarga kaya yang tinggal di New York. Edward Gaunt, sukses sebagai bankir investasi didampingi istrinya yang cantik dan luar biasa, Layla serta kedua anak kembar mereka – John dan Philippa.

Saat menjalani pemeriksaan rutin di dokter gigi, terjadi keanehan karena baik John dan  Philippa mengalami pertumbuhan gigi geraham bungsu yang tidak lazim pada usia mereka yang baru 12 tahun. Dan keanehan juga terjadi saat pembiusan di-operasi pencabutan gigi, kedua anak tersebut mengalami ‘mimpi’ yang sama : bertemu paman Nimrod, saudara Layla Gaunt yang sudah lama tidak bertemu. Dan paman Nimrod berpesan agar mereka berdua meminta untuk berlibur ke London mengunjungi dirinya saat liburan musim panas. Walau merasa janggal dan  anehnya permintaan mendadak itu disetujui oleh kedua orang tuanya, berangkatlah John dan Philipa ke London … tanpa menyadari bahwa petualangan akan segera mereka alami.

Setiba di London – John dan Philippa mendapatkan suatu fakta yang mengejutkan sekaligus mengasyikkan. Ternyata mereka adalah keturunan Jin suku Marid – makhluk luar biasa yang memiliki kemampuan mengabulkan permintaan demi keberuntungan dan kebaikkan. Hal itu menjelaskan kejadian-kejadian aneh yang mereka alami, seperti pelayan mereka, Mrs. Trump yang tiba-tiba kaya menang lotere atau menghilangnya suami-istri yang duduk disebelah mereka dalam pesawat yang sedang mengudara dan ditemukan duduk dirumah mereka tanpa mengingat bagaimana hal itu dapat terjadi. 

Menurut Nimrod hal tersebut terjadi karena diluar kesadaran, John dan  Philippa telah mengabulkan kata-kata permintaan yang tidak diharapkan. Maka Nimrod memberikan pengajaran bagaimana melatih dan mengasah kemampuan jin-jin muda ini. 

Demi memperkuat pelatihan itu, mereka berangkat menuju Kairo-Mesir, tempat yang sangat sesuai untuk meningkatkan kemampuan Jin. Selain itu, ada tugas penting yang harus dilakukan sehubungan dengan memulihkan keseimbangan antara kebaikan dan kejahatan dalam dunia.

Didampingi oleh Mr. Groanin-manusia asisten Nimrod yang bertangan satu dan suka menggerutu ; Mister Rakshasas-Jin Botol dari India yang bijak dan menguasai pedoman Jin dalam Bagdad Rules ; Karim alias Creemy-pelayan Nimrod dari Mesir yang cekatan dan pandai memasak terutama dalam membuat Creemy Special Special ; Nimrod dan si kembar menghadapi musuh-musuh berat yang tidak segan melakukan tipu-muslihat demi mencari makam Akhenaten-Firaun penguasa Mesir yang konon memiliki kekuatan luar biasa dengan mengendalikan 70 Jin di dalam tongkat kerajaan. 

Pihak manapun yang mampu menemukan dan membuka tongkat tersebut akan memiliki kekuasaan untuk memerintah 70 Jin didalamnya. Maka John dan Philippa harus bekerja keras dalam menguasai kemampuan baru mereka sebagai Jin dan berlomba dengan waktu melawan pihak-pihak Jahat, apalagi saat nyawa seseorang yang mereka kasihi terancam akan lenyap … jika mereka tidak tiba tepat pada waktunya. 

Tentang Penulis : 

Philip Kerr lahir 22 Februari 1956 di Edinburgh, Inggris, dikenal dengan novelnya The Bernie Gunther yang merupakan serial thriller. Menulis serial The Children of The Lamp untuk remaja dengan nama P.B. Kerr. 

P.B. Kerr menyelesaikan pendidikan  sekolah grammar di Northampton, kemudian mempelajari hukum di University of Birmingham pada tahun 1974-1980 dan mencapai gelar Master. Ia semula bekerja sebagai penulis iklan di Saatchi and Saatchi, sebelum memutuskan sebagai full-time writer di tahun 1989. Selain itu ia juga menulis artikel untuk surat kabar The Sunday Times, The Evening Standard dan The New Statesman.

P.B. Kerr menikah dengan Jane Thynne, yang juga seorang penulis, dan mereka tinggal di Wimbledon, Inggris dengan ketiga anaknya : William, Charlie dan Naomi.

Best Regards,
* Hobby Buku *

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar (no spam please), harap sabar jika tidak langsung muncul karena kolom ini menggunakan moderasi admin.
Thanks for visiting, your comment really appreciated \(^0^)/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...